Perbedaan Likuiditas dan Likuidasi

Perbedaan Antara Likuiditas dan Likuidasi?

Posted on

Jangan samakan antara Likuiditas dan likuidasi karena itu ada daftar istilah yang mempunyai pengertian yang berbeda, mungkin agak mirip namun berbeda sekali, simak ulasan berikut ini biar tidak salah mendefinisikan

Likuiditas biasanya mengacu pada kemampuan perusahaan untuk membayar tagihannya pada saat jatuh tempo. Likuiditas sering dievaluasi dengan membandingkan aset perusahaan saat ini untuk kewajiban saat ini.

Biasanya ini berlaku ketika perusahaan ingin meminjam uang kepada bank saat mereka sedang membutuhkan aset lancar tanpa harus menjual saha ataupun menerbitkan surat utang obligasi.

Modal kerja, rasio lancar, dan rasio cepat yang disebut sebagai rasio likuiditas atau rasio solvabilitas jangka pendek, karena perhitungan mereka menggunakan beberapa atau semua aktiva lancar dan kewajiban lancar. Kadang-kadang rekening perusahaan rasio piutang turnover, rasio perputaran persediaan, dan arus kas bebas juga digunakan untuk menilai likuiditas perusahaan.

Likuidasi adalah istilah yang umum digunakan ketika perusahaan menjual bagian dari usahanya untuk uang tunai, atau ketika menjual aset untuk membayar utang. Likuidasi juga dapat juga diartikan sebagai penutupan usaha.

Ini Sering Terjadi pada perusahaan yang sudah tidak memiliki dana, semoga paham ya dengan penjelasan singkat ini.