Pengertian Neraca Serta Pentingnya Untuk Segera Dipersiapkan

Neraca disiapkan untuk melaporkan posisi keuangan organisasi pada momen tertentu, seperti tengah malam pada tanggal 31 Desember dan sebagian besar para akuntan akan menghabiskan waktu yang sangat panjang pada tiap akhir tahun.

Neraca A korporasi melaporkan asetnya (sumber daya yang diperoleh dalam transaksi masa lalu), kewajiban (kewajiban dan simpanan nasabah), dan ekuitas pemegang sahamnya ‘(perbedaan antara jumlah aktiva dan kewajiban).

Beberapa orang menyatakan bahwa neraca melaporkan jumlah aset dan klaim terhadap aset (kewajiban dan ekuitas). Lain menyatakan bahwa neraca melaporkan aset perusahaan dan jumlah yang telah disediakan oleh kreditur (kewajiban) dan jumlah yang disediakan oleh pemilik (ekuitas).

Sebuah neraca diklasifikasikan melaporkan aset saat ini di bagian yang terpisah dari aset jangka panjang. Demikian pula, kewajiban lancar dilaporkan dalam bagian yang terpisah dari kewajiban jangka panjang.

Hal ini memungkinkan para bankir, pemilik, dan lain-lain dengan mudah menghitung jumlah modal kerja organisasi. (Modal kerja didefinisikan sebagai aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar.)

Neraca memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, tanah dan bangunan biasanya dilaporkan pada biaya dikurangi akumulasi penyusutan bangunan. Jika aset ini telah meningkat dalam nilai, nilai wajar tidak dilaporkan karena prinsip biaya.

Juga, nama merek dan merek dagang mungkin memiliki nilai yang signifikan, namun tidak dilaporkan pada neraca, jika mereka tidak diperoleh dalam transaksi.

Neraca harus dibaca dengan laporan keuangan lainnya (laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas) dan dengan catatan atas laporan keuangan.