Pengertian Going Concern

Pengertian Going Concern

Posted on

Pengertian Going Concern / Kelangsungan Perusahaan adalah asumsi yang mendasari dasar dalam akuntansi. Asumsinya adalah bahwa sebuah perusahaan atau badan lainnya akan dapat terus beroperasi untuk jangka waktu yang cukup untuk melaksanakan komitmennya, kewajiban, tujuan, dan sebagainya. Dengan kata lain, perusahaan tidak perlu melikuidasi atau dipaksa keluar dari bisnis di masa mendatang.

Perhatian akan memberikan beberapa logika untuk prinsip biaya: Jika sebuah perusahaan memiliki kekhawatiran, tidak berencana untuk melikuidasi, jadi mengapa melaporkan nilai sekarang dari aset jangka panjang? Namun, jika nilai aset telah mengalami penurunan nilai, jumlah tercatat aset mungkin berkurang ke jumlah yang lebih rendah dari nilai tercatatnya.

Sehingga going concern terus berlanjut dari masa ke masa tanpa batasan waktu selama perusahaan masih berkomitmen untuk terus melanjutkan bisnis dan para pemegang saham beserta manajemen perusahaan masih berupaya untuk terus memajukan perusahaan.

Kita bisa melihat contohnya pada perusahaan-perusahaan di Indonesia, ataupu misalnya pada ranah yang kecil seperti lingkungan tempat tinggal kita, kita bisa mencoba mencari tahu usaha yang ada dan bagaimana komitmen mereka dalam jangka panjang.

Percayalah bahwa perusahaan yang tidak memiliki komitmen yang teguh cepat atau lambat usaha itu akan berangsur-angsur menurun, baik dengan faktor eksternal ataupun juga dengan faktor internalnya sendiri,

Banyak sekali pertanyaan dan beberapa orang yang masih bingung tentang going concern, namun itu sangat sederhana sekali, semoga bisa bermanfaat.