Pengertian Current Ratio (Rasio Lancar)

Current ratio merupakan rasio keuangan yang menunjukkan proporsi aktiva lancar terhadap kewajiban lancar. Rasio saat ini digunakan sebagai indikator likuiditas perusahaan.

Dengan kata lain, sejumlah besar aktiva lancar dalam hubungan dengan sejumlah kecil kewajiban lancar memberikan beberapa jaminan bahwa kewajiban yang jatuh tempo akan dibayar.

Jika aset perusahaan saat ini mencapai Rp 600.000 dan kewajiban saat ini adalah Rp 200.000 ratio saat ini adalah 3: 1. Jika aktiva lancar adalah Rp 600.000 dan kewajiban saat ini adalah Rp 500.000 rasio saat ini adalah 1,2: 1.

Jelas rasio lancar lebih besar, lebih baik dari rasio yang lebih kecil. Beberapa orang merasa bahwa rasio lancar yang kurang dari 1: 1 menunjukkan kebangkrutan.

Adalah bijaksana untuk membandingkan rasio lancar perusahaan dengan yang perusahaan lain di industri yang sama. Anda juga bijaksana untuk melihat tren rasio saat ini untuk suatu perusahaan dari waktu ke waktu. Adalah rasio saat ini meningkatkan dari waktu ke waktu, atau itu memburuk?

Komposisi aktiva lancar juga merupakan faktor penting. Jika aktiva lancar sebagian besar adalah dalam bentuk tunai, surat berharga, dan rekening tertagih piutang, yang lebih menghibur daripada memiliki sebagian besar aktiva lancar di bergerak lambat persediaan.