Pengertian Aktiva (aset) Lancar

Pengertian Aktiva (Aset) Lancar?

Posted on

Aset saat ini adalah uang tunai dan aset perusahaan lain yang akan beralih ke kas dalam satu tahun dari tanggal yang tertera dalam pos neraca perusahaan.

(Jika sebuah perusahaan memiliki siklus operasi yang lebih dari satu tahun, aset yang akan beralih ke uang tunai dalam panjang siklus operasi dianggap menjadi aset saat ini.)

Aktiva lancar umumnya terdaftar pertama pada neraca perusahaan dan akan disajikan dalam urutan likuiditas. Itu berarti mereka akan muncul dalam urutan sebagai berikut: kas (termasuk mata uang, rekening koran, kas kecil), investasi sementara, piutang, persediaan, persediaan, dan biaya dibayar di muka piutang.

(Persediaan dan biaya dibayar di muka akan tidak secara harfiah dikonversi ke uang tunai. Mereka dimasukkan karena mereka akan memungkinkan perusahaan untuk menghindari membayar tunai untuk barang-barang ini selama tahun yang akan datang.)

Adalah penting bahwa jumlah setiap aset saat ini tidak dibesar-besarkan. Misalnya, piutang, persediaan, dan investasi sementara harus memiliki account valuasi sehingga jumlah yang dilaporkan tidak akan lebih besar dari jumlah yang akan diterima pada saat aktiva beralih ke uang tunai.

Hal ini penting karena jumlah modal kerja perusahaan dan rasio saat ini dihitung dengan menggunakan aktiva lancar ‘melaporkan jumlah.

Aktiva lancar juga disebut aset jangka pendek.